Total Tayangan
Posted by : Unknown
Friday, 5 February 2016
SA adalah pabrik sepeda motor terbesar di dunia,ternyata dimulai dengan
hanya satu jenis perdagangan produksi pembuatan senjata Birmingham.Pada
tgl 7 Juni 1861 sejumlah 14 orang pemburu dan pembuat senjata/Gunsmith,
membentuk perusahaan pabrik Birmingham Small Arms Company Limited.
Tujuan awal mereka adalah untuk membuat senjata oleh mesin/pabrik bukan
buatan tangan/manual. Tahun 1863 pabrik baru mereka di suatu lokasi
lahan hijau seluas 25 hektar di Small Heath selesai.Di tahun 1863 BSA
mendapat pesanan 20.000 senapan infanteri Turki.Tetapi pada Rapat Luar
Biasa tanggal 30 September tahun 1863 Manajemen Perusahaan BSA berubah
dimana hal ini juga berpengaruh terhadap operasional perusahaan yang
akhirnya pada tahun 1879 pabrik ditutup selama satu tahun.Selanjutnya
pada tahun 1866 mengakuisisi pabrik amunisi di Adderley Park,
Birmingham,Inggris.
Dari tahun 1880 masuk ke pembuatan sepeda,membuat desain sendiri dari
1881.Antara 1888 dan 1893 itu mengkhususkan dirinya semata-mata untuk
produksi senjata,pada tahun 1893 kembali era Indusri dengan pembuatan
produk berbagai komponen lainnya/alat pertanian,pesawat dll.Di tahun
1906 mengambil alih Arms Nasional dan tempat Amunisi Perusahaan di
Sparkbrook dan memperoleh Eadie Manufacturing Co Ltd dari Redditch pada
tahun 1907.
BSA juga memproduksi komponen/sparepart sepeda motor untuk perusahaan
lain tapi tidak sampai tahun 1903 mereka lakukan suplay itu. Pada tahun
1909 sebuah sepeda motor 233cc eksperimental,3 ½ HP sepeda motor sabuk
didorong harga £ 50 masuk ke dalam jajaran produksi BSA. Ini yang
kemudian diikuti model lain dalam kapasitas yang berbeda termasuk rantai
didorong model 'H'.
Pada tahun 1910 mengakuisisi Daimler Co Ltd dari Coventry.
Pada tahun 1916 perusahaan telah memproduksi tiga sepeda motor dasar.
Selama meletusnya Perang Dunia I, perusahaan kembali untuk memproduksi
senjata dan memperluas operasinya juga mereka menyediakan sepeda motor
untuk Pasukan Ekspedisi Inggris. Setelah perang, pada tahun 1924,
perusahaan mulai menjalin hubungan panjang dengan Kantor Pos Umum (GPO)
memasok sepeda motor untuk layanan pengiriman telegram yang baru
terbentuk. BSA terus memasok sepeda motor ke GPO sampai runtuhnya
layanan ini.Sepeda motor yang paling terkenal digunakan adalah pasca
perang dunia ke 2," Banten" dengan mesin dua tak yg populer dan
merupakan sepeda motor ringan buatan Inggris.
Pada tahun 1930-an BSA memproduksi Mobil beroda tiga dalam persaingannya
dengan Morgan dan saloons depan hard roda dan drop-head coupe.Mobil itu
diproduksi dalam jumlah kecil BSA 10 H.P,mobil yang versi yang lebih
murah dari Lanchester dan Daimler 10 HP itu dilengkapi dengan roda gila
cairan dan pra-pemilih gearbox.
BSA juga dijamin kontrak dengan Automobile Association (AA), Kepolisian
dan Angkatan Darat lagi dalam Perang Dunia II untuk penyediaan sepeda
motor.
Sepeda motor BSA lebih dikhususkan pada pengendara sepeda motor yang non
olahraga.Mereka jarang benar-benar unggul dalam balap tapi berhasil
membuktikan diri dan teruji paling depan tentang kehandalan dan
ketahanannya di segala medan/lapangan dan dalam cuaca apapun.
Pada tahun 1924 empat sepeda motor BSA mendaki Gunung Snowdon di Wales
dalam waktu kurang dari 25 menit. Pada tahun 1926 dua sepeda motor
BSA,model S berkeliling dunia dalam 18 bulan.
Pada tahun 1927 BSA meluncurkan berbagai jenis Sloper, disebut demikian
karena tata letak mesinnya miring. Pada rentang tahun 1930 mereka
memiliki 16 model dari tunggal sampai ke Twin/kembar dari mulai CC
d174cc ke 986cc . Namun resesi th 30-an memukul pabrik BSA untuk
mengurangi produksi dan model disederhanakan guna memotong
biaya.Kemudian pada tahun 1931 mereka memperoleh produsen Birmingham
mobil, Lanchester.
Pada Perang Dunia ke dua perusahaan BSA berkembang terdiri dari 67
pabrik. Dalam Perang Dunia Kedua BSA memproduksi senapan, senjata Lewis,
magazin dan peluru,membuat persenjataan serta membuat 126.254 buah
sepeda motor jenis M20 498 cc,guna meng suplay sepeda motor tersebut
untuk tentara kerajaan. Pada tahun 1943 Sunbeam dari Wolverhampton
diambil alih,kemudian Ariel pada tahun 1944 dan New Hudson pada tahun
1940 ! Pada masa perang,pabrik di Small Heath terkena langsung oleh
serangan bom Jerman pada bulan November 1940 dan ada banyak korban di
antara para pekerja karena sebagian dari bangunan pabrik runtuh
terbakar. Korban ada 57 orang yang bekerja di sana.
Setelah perang dunia ke 2 BSA mulai produksi model D 1 Banten/Bantam
pada bulan Juni 1948 (Satu satunya desain tiruan/jiplakan dari DKW 125cc
Union)suatu hal yang tak pernah dilakukan oleh BSA sepanjang sejarah
berdirinya.Desain ini diperoleh dari perusahaan DKW Jerman Timur sebagai
pampasan perang.
Tahun 1937 Walter Handley mengendarai BSA dengan kecepatan diatas 100mph
(160 k / jam) pada trek balap melengkung. Prestasi ini membuatnya
mendapatkan sebuah bintang emas yang kemudian menjadi ide oleh BSA dalam
meluncurkan model sepeda motor berikutnya bernama Gold Star.Gold Star
menjadi roadster yang sangat populer dalam dunia balapan dan tetap
diproduksi dari tahun 1942 sampai tahun 1963.Pada 1944,perusahaan sepeda
motor Ariel dibeli oleh BSA dan model KH 500 cc diproduksi, bersama
dengan Huntmaster yang lebih kuat, yang memiliki mesin BSA A10 650 cc
yang dimodifikasi. Huntmaster terbukti handal dan mampu menempuh jarak
100 mil per jam (160 km / h),sehingga menjadi populer bagi para
penggemar sespan.
Akhir 1949 diperkenalkan model A7 (500cc) dan kemudian A10 (650cc).
Berbagai jenis model A diproduksi dengan nama melegenda seperti Golden
Flash disusul Super Flash lalu Road Rocket. Sebuah model yang sangat
sederhana dalam tampilan,harga yang terjangkau pada jamannya, tidak
boros serta dapat diandalkan merupakan alasan utama bagi mereka untuk
tetap populer. Model A menjadi desain merek dagang dari BSA.Kemudian di
tahun 1962 mereka telah diganti dengan A50 (500cc) dan A65 (650cc).
.Pada tahun 1951 BSA mengambil alih perusahaan Sepeda Motor Triumph di
Meriden, pengambil alihan yang mereka lakukan ini,di kemudian hari akan
jadi penyesalan sebab membawa kematian/kebangkrutan kedua perusahaan.
Pada tahun 1953 BSA Sepeda Motor Ltd dibentuk untuk menjaga produksi
sepeda motor terpisah dari anggota kelompok produksi lainnya. Pada saat
itu ada 12 model sepeda motor sedang diproduksi.
Semuanya itu tidak juga mampu berkembang,model yang memprihatinkan.
Kedua Dandy stroke kurang bertenaga dan cenderung terlalu panas sehingga
ditarik dari pemasaran sebelum waktunya. Skuter Beeza bahkan tidak
pernah berhasil sampai ke ruang pamer, tampaknya semuanya bermuara
karena perseteruan antara manajemen Ariel, Triumph dan BSA dalam satu
perusahaan.Pada tahun 1956,Jack Sangster (yang saat menjual Ariel dan
Triumph kepada BSA sebenarnya tidak sekedar menjual tetapi bergabung di
dalamnya) berhasil mengalahkan pimpinan BSA incumbent Sir Bernard Docker
dengan skor telak 6 banding 3. Sebagai pimpinan, Jack Sangster
mengangkat Edward Turner sebagai kepala divisi otomotif yang membawahi
Ariel, Triumph, dan BSA. BSA sendiri kemudian memutuskan menutup
pabriknya pada tahun 1963 untuk memindahkan produksi ke Small Heath.
Pada tahun 1957 Edward Turner diangkat kepala divisi otomotif BSA. Model
C15 250cc diluncurkan pada 1954 dan bukti Triumph baru versus strategi
BSA terbukti pada mesin karena hanyalah Cub Triumph badged.
Pada tahun 1960 BSA berada dalam masalah keuangan maka divisi mobil dan bus dijual kepada Jaguar Mobil Ltd.
Penunjukan Sturgeon Harry sebagai MD dipandang sebagai langkah maju
namun masa jabatannya tidak lama oleh karena menderita penyakit dan ia
pensiun pada 1966. Penggantinya ternyata tidak banyak tahu dan mengerti
tentang sepeda motor, maka dari titik point inilah kita dapat memetakan
awal penurunan dan kemunduran BSA.
Pada tahun 1968,mesin baru Rocket Three Triple 750cc roket diluncurkan di Amerika Serikat dan pada tahun 1969 di Inggris.
Pada tahun 1971 BSA mencatat kerugian yg begitu telak dan oleh karenanya
diusulkan untuk menutup pabrik BSA Small Heath dan mentransfer produksi
semua untuk Triumph di Meriden. Ada perubahan menit terakhir dari
pikiran, tetapi itu benar-benar terlambat bagi perusahaan pada tahap ini
dan pada 1973 kelompok BSA dijual kepada Norton Villier untuk membentuk
Triumph Norton Villier itu (NVT). Dua bulan kemudian ketua NVT, Dennis
Poore, ditangani industri sepeda motor Inggris pukulan fatal dengan
mengumumkan Triumph yang akan menutup dan produksi akan tetap di Small
Heath.Dia tidak dihitung dengan militansi tenaga kerja para pekerja,hal
ini berlangsung berlarut-larut selama 10 tahun. Akhirnya, kerugian total
dan pabrik sepeda motor terbesar dunia dan produksi sepeda yang
terakhir pada malam Natal 1975.
Setelah itu beberapa perusahaan yang tadinya bahagian dari pabrik
BSA,sebuah perusahaan sangat kecil sepeda motor yang berbasis di
Southampton menggunakan nama BSA.
Perlu dicatat bahwa Senjata/senapang angin BSA masih ada dari unit produksi sespan di Jalan Gudang Senjata,Small Heath.
Dicycle/siklus BSA
Mesin pertama yang diproduksi oleh BSA ternyata adalah DICYCLE, mesin
tiga roda aneh yang ditunjukkan oleh penemunya, Bapak Otto, di meja
ruang dewan di Jalan Gudang Senjata. Perusahaan memutuskan untuk
bergabung dengan kereta sepeda ini,ketika penjualan senjata menurun di
tahun 1870-an. Dicycle dipamerkan di Museum Nasional di Siklus
Llandrindod Wells.
Pada tahun 1908 AE Wills mengalahkan rekord dunia jarak satu jam dengan
siklus BSA. Jarak dari 61 kilometer, 972 meter berarti dia adalah
pengendara sepeda pertama yang melebihi lebih dari satu mil satu menit,
lebih dari satu jam. Siklus BSA digunakan dalam Coventry Transport
Museum.
BSA pada satu periode Hercules Siklus Aston yang manufaktur siklus dan badging mereka sebagai produk BSA juga.
Perusahaan Sepeda BSA dijual ke Raliegh Industries of Nottingham pada
tahun 1957. Sepeda dengan nama BSA yang saat ini diproduksi dan
didistribusikan di Negara India oleh Siklus TI.